Ilustrasi kabel USB type-c dan kabel lightning iPhone.

Warta21.com- Uni Eropa baru saja memberikan persetujuan akhirnya untuk regulasi yang menjadikan USB-C sebagai port charging standar untuk semua perangkat elektronik. Dengan persetujuan ini, Apple akan dipaksa untuk menggunakan USB-C di iPhone.

Dewan Eropa baru saja menyetujui proposal undang-undang yang diajukan oleh Komisi Eropa terkait penetapan USB-C sebagai port standar. Sebelumnya proposal ini sudah disetujui oleh Parlemen Eropa dengan jumlah suara 602-13.

Undang-undang ini akan menjadikan USB-C sebagai port standar untuk ponsel, tablet, headphone, konsol game, kamera digital, keyboard, speaker, dan perangkat elektronik lainnya pada tahun 2024. Semua laptop juga harus mengikuti aturan yang sama pada musim panas 2026.

“Mencari charger yang cocok, apakah itu di rumah atau di kantor, bisa cukup mengganggu. Selain itu, charger ini juga menghasilkan 11.000 ton sampah elektronik setiap tahun,” kata Menteri Industri dan Perdagangan Republik Ceko Jozef Síkela, seperti dikutip dari Gizmodo, Selasa (25/10/2022).

“Memiliki charger yang cocok untuk beberapa perangkat akan menghemat uang dan waktu serta membantu kami mengurangi sampah elektronik,” sambungnya.

Sebagai bagian dari regulasi ini, konsumen di Uni Eropa bisa memilih untuk membeli perangkat baru dengan atau tanpa charger. Empat tahun setelah regulasi ini dijalankan, Komisi Eropa akan menentukan apakah ‘unbundling’ charger akan menjadi kewajiban.

Selain itu, Komisi Eropa juga akan menyelaraskan aturan terkait teknologi wireless charging agar mendukung interoperability dan lebih terbuka.

Regulasi baru ini berlaku untuk semua produsen perangkat elektronik yang menjual produknya di kawasan Uni Eropa. Tapi sejak aturan ini digodok, semua mata tertuju ke Apple yang masih kukuh menggunakan port Lightning di saat kompetitornya sudah mengadopsi USB-C.

Apple sebelumnya menolak regulasi ini dan mengatakan bahwa aturan ini akan menghambat inovasi. Tapi perusahaan besutan Steve Jobs ini perlahan mulai menggunakan USB-C di beberapa produk jagoannya, termasuk Mac dan iPad.

Analis Bloomberg Mark Gurman dan analis Apple Ming-Chi Kuo meyakini Apple sedang menguji coba iPhone dengan USB-C. Kuo mengatakan iPhone 15 yang meluncur tahun depan kemungkinan akan hadir dengan USB-C, diikuti dengan AirPods dan aksesoris lainnya.

Baca Juga: iOS 16 Bawa Fitur Persentase Baterai di Home Screen!

sumber: beberapa sumber.

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakEri Cahyadi: Pemkot Surabaya Dirikan Rumah Anak Prestasi Untuk Anak-Anak Disabilitas
Artikulli tjetërHari Batik.. Pemkot Surabaya Berencana Gelar ‘Karnaval Nang Tunjungan’!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini