Warta21.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, segera menggelar rapat darurat dengan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Kamis (24/3) malam ini waktu setempat.

Biden sendiri sudah tiba di Brussel, Belgia, pada Rabu (23/3) malam waktu setempat. Ia dan para pemimpin NATO akan membahas agresi Rusia di Ukraina pada rapat darurat tersebut.

Salah satu yang menjadi fokus adalah sanksi tambahan bagi Rusia yang melancarkan invasi terhadap Ukraina sejak 24 Februari.

Pembahan lain adalah tentang rencana manuver NATO di Eropa Timur menyikapi agresi Rusia di Ukraina yang notabene dekat dengan sejumlah negara anggota NATO.

Presiden AS, Joe Biden, segera menggelar rapat darurat dengan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Kamis (24/3) malam ini waktu setempat.
Presiden AS, Joe Biden, gelar rapat darurat dengan NATO hari ini. (AP/Olivier Matthys)

NATO sendiri terikat dalam perjanjian kerja sama tidak ada kewajiban membela negara-negara yang bukan anggota mereka. Untuk itu, NATO memilih menahan diri mengirim pasukan ke Ukraina membela negara itu dari gempuran Rusia.

Apalagi, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan ancaman bahwa perang bakal makin melebar jika NATO ikut campur mengirim pasukannya membela Ukraina.

Meski demikian, NATO tetap dalam situasi siaga. Pasalnya, serangan rudal-rudal Rusia sudah mendekati teritori anggota mereka seperti Polandia di wilayah barat Ukraina.

Dalam beberapa pekan terakhir, NATO terus memperkuat pasukan mereka di negara-negara seperti Rumania, Bulgaria, Hungaria, dan Slovakia.

Sementara itu, Biden juga akan mengunjungi Polandia. Negara tersebut menampung lebih dari 3,5 juta pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina dan menjadi jalur utama pasokan senjata Barat ke Ukraina.

Artikulli paraprakBali United vs Persebaya Surabaya: Aji Punya Langkah Sendiri!
Artikulli tjetërHasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Brasil vs Chile Skor 4-0

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini