Warta21.com, Jakarta- Franck Kessie akan bergabung dengan Barcelona secara gratis musim depan. Dengan demikian, maka habis sudah sisa peninggalan Li Yonghong di tubuh AC Milan.

Kessie merupakan bagian dari gerbong pemain yang diboyong Milan pada awal musim panas 2017, beberapa bulan setelah Li mengambil alih Milan dari Silvio Berlusconi. Beberapa pemain bintang direkrut demi membawa Milan berjaya lagi seperti dulu.

Dengan slogan ‘We are so rich‘ yang didengungkan kala itu, pembelian pemain yang dilakukan saat itu terkesan ingin mengumpulkan bintang, siap menggaji mahal, namun seperti tak tahu apakah mereka nyetel atau tidak dengan permainan tim.

Mateo Musacchio (18 juta Euro), Ricardo Rodriguez (15 juta), Andre Silva (38 juta), Hakan Calhanoglu (23,3 juta), Andrea Conti (24 juta), Leonardo Bonucci (42 juta), hingga Lucas Biglia (19,7 juta) adalah nama-nama yang dibeli saat itu.

Ada juga yang dipinjam lebih dulu untuk kemudian dipermanenkan, seperti Kessie (total 32 juta Euro), Nikola Kalinic (total 27,5 juta), dan Fabio Borini (total 6 juta).

Jangan lupa juga saat itu Milan harus memperpanjang kontrak Gianluigi Donnarumma sampai 2021. Gajinya naik sampai 6 juta Euro semusim, plus Rossoneri harus merekrut kakaknya, Antonio Donnarumma sebagai bagian dari kontrak.

Biaya yang dikeluarkan dan hasil yang diraih nyatanya tak sepadan. Pada musim itu, Milan hanya finis peringkat enam di Serie A, kalah 0-4 di final Coppa Italia oleh Juventus, dan tersisih di 16 besar Liga Europa.

Li, yang membeli Milan dengan uang pinjaman, kemudian terjerat masalah gagal bayar utang saat sudah jatuh tempo. Milan lalu diambil alih oleh Elliott Management Corporation hingga kini.

Sama mirisnya dengan Li, satu per satu pemain yang didatangkan mulai tersisih dari Milan. Gaji tinggi namun performa tak sesuai harapan, akhirnya tak ada lagi yang bisa dilakukan selain pergi.

Tak cuma masalah taktik, namun urusan gaji juga menjadi penentu. Sejak Paolo Maldini kembali ke klub pada 2018 dan ditunjuk menjadi direktur teknik pada 2019, ia berusaha mengatur pengeluaran Milan agar lebih hemat dan tepat guna.

Pemain bagus namun ‘rewel’ soal kontrak baru pun akhirnya dilepas, Calhanoglu dan Donnarumma adalah contohnya.

Mereka pergi secara gratis di musim panas tahun lalu karena tak sepakat soal kontrak. Kerugian dari segi taktik, namun melegakan kas Milan.

Musim ini, pemain-pemain peninggalan Li yang tersisa dalam skuad hanyalah Conti dan Kessie, Conti sudah cabut ke Sampdoria pada Januari lalu, dan kini tinggal Kessie saja. Dengan kabar kepergiannya di akhir musim, maka peninggalan Li Yonghong di Milan praktis tak bersisa musim depan.

Pemain Milan era Li Yonghong dan nasibnya kini:

Mateo Musacchio – keluar 2021, kini tanpa klub

Ricardo Rodriguez – keluar 2020, kini di Torino

Andre Silva – keluar 2018, kini di RB Leipzig

Hakan Calhanoglu – keluar 2021, kini di Inter Milan

Andrea Conti – keluar 2022, kini di Sampdoria

Leonardo Bonucci – keluar 2018, kini di Juventus

Lucas Biglia – keluar 2020, kini di Karagumruk

Nikola Kalinic – keluar 2018, kini di Hajduk Split

Fabio Borini – keluar 2020, kini di Karagumruk

Gianluigi Donnarumma – 2021, kini di PSG

Antonio Donnarumma – keluar 2021, kini di Padova

Franck Kessie – keluar 2022, menuju Barcelona (menunggu pernyataan resmi).

Baca Juga: Lawan Liverpool, Ini Ambisi Kevin De Bruyne!

sumber: detik.com

Artikulli paraprakAlami Keguguran, Dinda Hauw Ikhlaskan Anak Kembarnya,
Artikulli tjetërPendaftaran UTBK SBMPTN Dibuka Hari Ini Jam 15.00 WIB

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini