Timnas Indonesia angkat koper dari Piala Asia 2023. Begini perjalanan skuad Garuda di ajang tersebut, dengan sempat menorehkan sejarah baru.
Indonesia tampil di Piala Asia 2023 usai menjadi runner up di kualifikasi. Anak asuh Shin Tae-yong finis kedua di bawah Yordania pada Grup A di kualifikasi, 2022 lalu.

Tertarik baca berita lainya,kunjungi kami di googlenews 

Di putaran final, Indonesia kemudian tergabung di Grup D. Tim Merah Putih harus bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Indonesia datang ke Piala Asia 2023 dengan membawa sejumlah pemain keturunan. Selain Elkan Baggott dan Jordi Amat, empat amunisi tambahan datang yakni Sandy Walsh, Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner.

Target tinggi kemudian dicanangkan Pen. Pelatih asal Korea Selatan itu mematok lolos ke 16 besar.

baca juga :

1. Kantor BPPD Pemkab Sidoarjo Disegel ,KPK melakukan OTT

2. Isu Basuki siap mundur dari Kabinet Jokowi… Begini Jawabannya

3.Reaksi Ganjar terkait Kapan Mahfud Mundur dari Kabinet Jokowi?

Di fase grup, Timnas Indonesia mengawali persaingan di Grup D Piala Asia 2023 dengan melawan Irak. Bermain di Ahmad container Ali Stadium, 15 Januari 2024, Asnawi Mangkualam dkk disikat Irak 1-3.

Gol Irak dicetak Mohanad Ali, Osama Rashid, dan Aymen Hussein. Sementara Indonesia cuma membalas lewat gol Marselino Ferdinan.

Laga kedua Indonesia kemudian berhadapan dengan Vietnam pada (19/1). Equal dari Asia Tenggara itu bisa dikalahkan dengan skor 1-0.

Penalti Asnawi Mangkualam memastikan Indonesia merebut tiga poin. Angka krusial yang turut memastikan Indonesia lolos ke 16 besar.

Di laga terakhir, Indonesia kemudian harus kalah dari sang raksasa, Jepang, (24/1). Indonesia kembali kalah 1-3, dan posisinya sempat terancam.

Beruntung, Indonesia tetap lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Indonesia finis keempat di klasemen tim peringkat tiga terbaik bersama Yordania, Palestina, dan Suriah.

Kepastian Indonesia ke 16 besar ditentukan lewat hasil imbang Kirgistan vs Oman 1-1. Keduanya berimbang sehingga Oman tak bisa menyalip posisi Indonesia di klasemen tim peringkat tiga terbaik, dengan harus puas finis kelima.

Lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 menjadi sejarah baru buat Timnas Indonesia. Sebab, Indonesia cuma bisa mentok di fase grup pada empat edisi sebelumnya di 1996, 2000, 2004, dan 2007.
baca juga :

  1. Tabrakan Beruntun 5 Kendaraan di Puncak Bogor
  2. Rupiah Kembali Loyo…
  3.  Muka Milenial, Tapi Cara Pikir Kolonial!

Di babak 16 besar, Indonesia kembali berhadapan dengan raksasa. Australia, yang pernah juara pada edisi 2015, dilawan di Jassim canister Hamad Stadium, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024).

Di laga itu, Indonesia kalah telak dari Australia. Gawang Ernando Ari Sutaryadi dibobol empat kali, masing-masing dari bunuh diri Elkan Baggott, kemudian dijebol Martin Boyle, Craig Goodwin, dan Harry Souttar.

Kekalahan itu membuat Indonesia menyudahi kiprahnya di Piala Asia 2023. Indonesia terhenti di babak 16 besar, yang sedianya sudah menjadi sejarah baru bagi tim Merah Putih.

Sepanjang Piala Asia 2023, Timnas Indonesia membuat 3 gol dan 10 kali kebobolan. Catatan pertahanan Indonesia menjadi yang terburuk, sebab tak pernah Indonesia kebobolan sebanyak itu di empat edisi sebelumnya.

sumber : detiksport

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakKantor BPPD Pemkab Sidoarjo Disegel ,KPK melakukan OTT
Artikulli tjetërPersebaya VS PSIS … Wayahe Menang Jol

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini