Referensi PPDB 2022. (Shutterstock/Ibenk_88).

Warta21.com- Sejumlah sekolah swasta mulai saat ini sudah bersiap-siap menyambut tahun ajaran 2023–2024. Mereka membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB). Antusiasme calon murid pun tinggi, bahkan sebelum PPDB dibuka.

Salah satunya, SMA Khadijah Surabaya yang meluncurkan PPDB 2023–2024 mulai kemarin (2/11). Kuota yang dibuka mencapai 200 murid dan 10 persen mengambil antrean sebelum PPDB dibuka.

Setiap tahun kuota selalu terpenuhi, bahkan lebih. Calon orang tua mendaftar melalui situs daring dan berkomitmen dengan mengambil formulir.

”Pendaftaran terpusat di situs yayasan dari TK hingga SMA. Biaya formulir hanya Rp 400 ribu,” jelas Waka Kesiswaan SMA Khadijah Surabaya Khusrotul Lailiyah.

Tingginya animo pendaftar itu disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya, keterlibatan mitra internasional seperti University of Cambridge hingga University of New South Wales, Australia.

Mitra sekolah tersebut melakukan serangkaian sertifikasi internasional pada mata pelajaran. Lalu, segi pembelajaran yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka dan berprestasi nasional. ”Bahkan, 90 persen lulusan kami masuk ke perguruan tinggi negeri,” katanya.

Jadwal PPDB Sekolah Swasta

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Achmad Alfian Majdi menjelaskan, dasar PPDB SMA negeri ataupun swasta adalah Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Setiap sekolah secara rutin melapor ke setiap cabang dindik. ”Pelaporan dari sekolah swasta tidak sedetail negeri. Misalnya, hanya jadwal dan jumlah,” terang dia.

Menurut dia, jadwal PPDB sekolah swasta menyesuaikan setiap yayasan. Bahkan, ada sekolah yang membuka pendaftaran sejak empat tahun sebelumnya. Sebab, belum ada aturan baku yang membahas hal tersebut.

Asalkan, lanjut Alfian, tidak ada aturan yang dilanggar sekolah itu. ”Negeri sudah tidak boleh jual beli formulir atau bangku kosong. Tapi, swasta masih diizinkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Buruh Lakukan Aksi di Kantor Menaker 4 November, Tuntut UMP Naik 13 Persen di 2023!

sumber: beberapa sumber.

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakBuruh Lakukan Aksi di Kantor Menaker 4 November, Tuntut UMP Naik 13 Persen di 2023!
Artikulli tjetërTips Bangun Karir atau Bisnis Sendiri Untuk Generasi Muda!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini