Sumber: Kompas.com

Warta21.com – Yamaha resmi merilis skutik baru, Yamaha Fazzio. Motor bergaya retro modern ini memberikan pilihan baru di segmen skutik 125 cc.

Meski ada penambahan nama Hybrid-Connected di belakang nama Fazzio. Rupanya tidak ada perbedaan komponen yang signifikan antara motor ini dengan skutik 125 cc lainnya.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengatakan, secara umum mesin Fazzio masih sama dengan skutik-skutik 125 cc sebelumnya.

“Kalau kita lihat secara spare part-nya sendiri sebenarnya sama,” ujar Antonius, kepada wartawan di Jakarta (17/1/2022).

“Karena sebetulnya itu bukan suatu teknologi yang sulit. Itu kan pengembangan dari Blue Core, hanya mekanisme bekerjanya saja yang dia memberikan assist kepada mesin, pada tiga detik pertama,” kata dia.

Tapi jika ditelisik selain mengusung sistem Hybrid dan fitur Connected, mesin Fazzio merupakan mesin baru berkode BEJ00. Berbeda dengan punya FreeGo meski basisnya memang mirip.

Mesinnya 124,9 cc, 1-silinder, SOHC 2-katup berpendingin udara, bore x stroke yakni 52,4 mm x 57,9 mm. Kompresi: 11:1, menghasilkan 8,3 tk pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Ukuran bore x stroke Fazzio sama seperti FreeGo tapi kompresinya beda. Punya Fazzio lebih tinggi yakni 11:1 sedangkan FreeGo 9,5:1.

Tenaga Fazzio lebih kecil 8,3 tk pada 6.500 rpm sedangkan FreeGo menghasilkan 9,4 tk. Tapi torsinya lebih besar yakni 10,6 Nm di 4.500 rpm adapun FreeGo hanya 9,5 Nm.

Perbedaan lain yakni komponen pada Blue Core Hybrid dengan Blue Core sebelumnya, terdapat pada SGCU (Start Generator Control Unit) atau ECU. Kemudian terdapat juga update pada fungsi power assist.

Adapun untuk baterai atau aki pun masih sama dengan skutik 125 cc lainnya, yang mengusung model YTZ6V, 5.3 Ah.

Artikulli paraprakSeries Layangan Putus Berakhir Menyedihkan
Artikulli tjetërDeretan Kakak Adik Terjerat KPK, Bupati Langkat dan Kakaknya

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini