Pada awal narasi video dengan thumbnail berupa kolase foto kantung mayat, area sungai, dan wajah Eril alias Emmeril Kahn Mumtadz, disebutkan bahwa Eril ditemukan oleh warga sedang mengapung di pinggir Sungai Aare.

“Terlihat jasad anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Eril sedang dievakuasi oleh warga lokal,” dikutip dari Pikiran-Rakyat.com dalam kanal YouTube  HALAMAN POPULER dengan 82.8K subscribers tersebut.

Narasi itu juga menyebutkan bahwa selain warga lokal, tim SAR, juga keluarga besar Ridwan Kamil, turut terlibat.

Bahwa, di akhir video narator menyebutkan kabar Eril telah ditemukan dan akan segera dibawa pulang ke Indonesia adalah hoaks.

Namun, dari pemilihan judul dengan keterangan yang kurang jelas, konten tersebut dinilai memiliki unsur clickbait semata.

Berdasarkan laporan terbaru, pada Kamis, 9 Juni 2022, bahwa benar Eril telah ditemukan pada 8 Juni 2022 pukul 6.00 pagi waktu Swiss.

Itu diumumkan oleh KBRI Bern melalui jumpa pers, Kamis WIB, dan menyatakan Eril tersangkut.

Meski demikian video tersebut tetap mengandung informasi salah, yakni ketika isi dan judul konten tidak sesuai.

Faktanya, foto yang digunakan dalam thumbnail adalah aksi penemuan mayat di sungai lain, bukan di Aare, Swiss. Begitu pun acara TV yang seolah diperoleh fotonya melalui tangkapan layar, tidak memberitakan hal itu.

Netizen pun memprotes penyajian konten tersebut, sehingga berharap agar pembuat konten tidak menyebarluaskan hoaks saat orang tengah berduka.

“Dosa besar kehilangan dan kesedihan orang di jadikan nara sumber untuk mendapatkan uang semoga semua Chanel YouTube abal”yang suka menyebar hoax kena hacker,” kata ALea Ayesha di kolom komentar.

“Hanya demi pengunjung sampe segitunya bikin judul. Duit memang Manis bro, tapi ingat tetep sampaikan yang benar,” kata akun Insinyur Serabutan.

“Kenapa sih musibah dan kesedihan dijadikan konten mencari keuntungan, teganya,” ujar bedi bsd.

Kabar Eril ditemukan juga berembus kencang di dunia maya ketika, Ridwan Kamil diketahui kembali mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ridwan Kamil disebut sedang bertolak ke Swiss kembali.

Namun, kabar soal ditemukannya Eril hingga saat ini masih simpang siur. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) belum bisa memastikan kebenaran kabar tersebut.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha mengatakan bahwa ada kemajuan terkait pencarian Eril.

“Memang ada progress, tetapi saat ini KBRI masih menunggu konfirmasi dan informasi detail dari Kepolisian Bern,” ujarnya dalam pengarahan media secara daring, Kamis, dikutip dari Antara.

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakHasil Tahap 2 Rekrutmen BUMN Diumumkan Hari Ini
Artikulli tjetërPLN Lakukan Penguatan Listrik di Surabaya dan Sidoarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini