Gempa Terkini Magnitudo 6,2 Guncang Pasaman Barat - Bagian 1
Sumber: Kompas.com

Warta21.com, Pasaman Barat – Gempa bermagnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022).

Dikutip dari akun Twitter BMKG, gempa terjadi pukul  08:39:29 WIB dengan Lok:0.15 LU,99.98 BT (17 km timur laut Pasaman Barat -Sumbar) dengan kedalaman 10 km.

Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Aktivitas sesar BMKG menyatakan bahwa gempa bermagnitudo 6,2 yang terjadi di Pasaman Barat, akibat adanya aktivitas sesar Sumatera.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, dikutip dari Antara.

Episenter gempa terletak pada koordinat 0,14 derajat LU, 99,94 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 kilometer timur laut wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Pasaman dengan skala intensitas V MMI yaitu getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Sementara di Agam, Bukitttinggi, dan Padang Panjang, dengan skala intensitas IV MMI yaitu pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Di Padang, Payakumbuh, Aek Godang, dan Gunung Sitoli, getaran dirasakan dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Di Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan, dan Bangkinang, dengan skala intensitas II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

BMKG Sebut Gempa M 6,2 yang Guncang Pasaman Barat karena Aktivitas Sesar  Sumatera
Gempa 6,2 Guncang Psaman Barat, Sumatra Barat

Dampak kerusakan

Seorang relawan Palang Merah Indonesia Pasaman Barat, Ilham mengatakan, dampak gempa salah satunya merusak bangunan sekolah SD 19 Kinali, Kubah Masjid Agung, Pasaman Barat.

“Sejumlah bangunan sekolah mengalami kerusakan,” kata Ilham, dikutip dari Antara. Sementara, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat Azhar mengatakan, gempa yang terjadi pagi ini memang menimbulkan sejumlah kerusakan.

Pihaknya sampai saat ini masih melakukan pendataan. “Saat ini kita masih melakukan pendataan di lapangan,” katanya.

Artikulli paraprak3 Tantangan yang Dihadapi dalam Presidensi G20
Artikulli tjetërUEFA Gelar Rapat Khusus Seputar Final Liga Champions Rusia

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini