Warta21.com- Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu yang dipelajari dalam rumpun ilmu sosial dan humaniora. Ada dua pembagian ilmu ekonomi yang dipelajari semua orang. Apa saja?

Istilah ekonomi berasal dari kata oikonomeia dalam bahasa Yunani, Kata tersebut terbentuk dari oikos yang artinya rumah tangga dan nomos berarti norma atau aturan.

Ekonomi adalah aturan mengenai rumah tangga. Dalam perkembangannya, ilmu ekonomi didefinisikan sebagai yang mempelajari tindakan atau usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

Dikutip dari modul Konsep Dasar Ilmu Ekonomi yang disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbudristek, ilmu ekonomi dikelompokkan menjadi dua, yaitu ekonomi deskriptif dan teori ekonomi. Berikut penjelasannya,

Pembagian ilmu ekonomi

1. Ilmu ekonomi deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif adalah cabang ilmu ekonomi yang digunakan untuk mengumpulkan keterangan nyata dan relevan dengan masalah ekonomi. Data tersebut berupa angka dan statistik.

2. Teori ekonomi

Teori ekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang bertugas untuk menyusun model analisis ekonomi untuk menjelaskan garis besar perilaku sistem perekonomian. Teori ekonomi bermanfaat untuk menetapkan kebijakan ekonomi atau bagi pengamat ekonomi.

Ruang lingkup teori ekonomi meliputi 1) ekonomi makro, yakni mempelajari perilaku perekonomian secara keseluruhan, 2) ekonomi mikro, yakni mempelajari perilaku perekonomian secara individual seperti rumah tangga produsen atau konsumen, dan 3) ekonomi terapan, yakni diterapkan dalam kehidupan nyata.

Selain dibagi menjadi dua, ilmu ekonomi juga memiliki delapan cabang. Berikut penjelasan lengkapnya

Cabang ilmu ekonomi

1. Ilmu ekonomi moneter

Ilmu ekonomi moneter adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.

2. Ilmu ekonomi publik

Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian.

3. Ilmu ekonomi industri

Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yang fokus membahas tentang interaksi berbagai perusahaan dalam industri.

4. Ilmu ekonomi internasional

Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antar negara.

5. Ilmu ekonomi regional

Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.

6. Ilmu ekonomi SDA

Ilmu ekonomi SDA adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi.

7. Ilmu ekonomi SDM

Ilmu ekonomi SDM adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang faktor produksi tenaga kerja yakni mencakup sumber daya manusia.

8. Ilmu ekonomi syariah

Ilmu ekonomi syariah adalah cabang ilmu ekonomi yang bertujuan untuk menerapkan ekonomi syariah berdasarkan prinsip-prinsip yang ada di dalamnya.

Dalam perkembangannya, cabang ilmu ekonomi tersebut melahirkan ilmu baru. Misalnya manajemen perusahaan, pemasaran, akuntansi, ilmu ekonomi neraca, hingga ilmu hitung keuangan perusahaan. Gimana detikers, tertarik belajar ilmu ekonomi?

Baca Juga: Persebaya Menuju IPO, Ayo Urunan Rek.. Ben Iso Tuku Saham

sumber: detik.com

Artikulli paraprakKorea Masters 2022: Ganda Putra Indonesia Bidik Tiket 16 Besar
Artikulli tjetërTunjungan Plaza 5 kebakaran, Api besar berjatuhan dari atas

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini