Foto: Logo Whatsapp (REUTERS/Thomas White)

Warta21.com – WhatsApp makin dilirik penjual untuk memasarkan layanan atau barangnya. Bahkan, pengguna aplikasi khusus untuk bisnis, WhatsApp Business tumbuh pesat dalam tiga tahun terakhir.

Kenaikan penggunanya mencapai empat kali lipat atau 200 juta pengguna aktif. Meta, induk perusahaan WhatsApp, juga terus mengembangkan aplikasinya.

Baru-baru ini WhatsApp Business kedatangan dua fitur baru yakni kemudahan membuat iklan untuk Facebook serta Instagram dan pesan berbayar.

Ternyata banyak penjual yang menggunakan WhatsApp yang sebenarnya juga memiliki toko di platform e-commerce. Aplikasi pesan instan itu jadi kanal tambahan bagi para penjual.

“Mereka punya toko di marketplace juga, WhatsApp sebagai additional channel yang lebih murah bagi penjual,” kata CEO Balesin.id, Diatce Harahap kepada CNBC Indonesia, Senin (3/7/2023).

WhatsApp Lebih Mudah untuk Belanja

Balesin.id merupakan chat commerce berbasis chatbot. Diatce menjelaskan WhatsApp chat commerce punya potensi besar karena memudahkan cara belanja.

Pembelian lewat WhatsApp juga kian digemari karena tidak perlu download aplikasi lain lagi. Diatce juga menjelaskan ada alasan fee pada marketplace yang membuat pembelian via WhatsApp jadi pilihan.

“Mengapa pembelian chat commerce melalui Whatsapp digemari dan trennya bertambah, karena tidak perlu download, pembeli asal bisa baca & tulis dapat menggunakannya. Selain itu, fee marketplace yang makin lama makin besar terutama di industri F&B,” jelasnya.

WhatsApp bukan pilihan satu-satunya untuk memasarkan barang jualan. Telegram juga jadi pilihan Adel, pemilik toko online yang menjual tas dan sepatu.

Dia mengaku tak menggunakan WhatsApp Business karena pada awalnya berjualan hanya dari mulut ke mulut. Menurutnya, pembeli lebih senang dengan Telegram karena lebih hemat ruang penyimpanan.

“Dan karena sistem jualan aku juga sharing barang tiap hari [tiap jam bahkan tiap beberapa menit], jadi menurutku buyer juga lebih senang di Telegram karena lebih hemat space storage HP mereka. Ya jadi belum ngerasa ada urgensi aja untuk ganti ke WA business. Walaupun emang ada juga beberapa manfaat kayak auto reply chat, showing product & company profile di bio,” kata Adel.

Sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga : Inilah Daftar HP Yang Radiasi Paling Tinggi, Waspada Banyak yang Terkenal

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakTerbuka Peluang Victor Main Lawan Barito
Artikulli tjetërPria Gembos Ban Bersandal Paku di Surabaya Lima Kali Beraksi, Dijerat dengan Pasal 363

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini