Warta21.com – Memasuki bulan Ramadan, kita pasti sering menjumpai buah kurma. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa, hukum konsumsi buah kurma saat berbuka merupakan sunnah.

Terlepas dari hukumnya, manfaat kurma membuat buah ini cocok untuk menjadi makanan pembuka setelah seharian berpuasa. Lalu, apa saja manfaat dari buah kurma? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Biasa Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Ini 11 Manfaat Kurma untuk Kesehatan
Pixabay.com (16/4)

Kandungan Buah Kurma

Buah kurma biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah dengan citra rasa manis ini bisa dikonsumsi saat masih segar atau sudah kering.

Buah kurma segar memiliki kulit yang halus, sedangkan buah kurma kering memiliki kulit yang mengkerut. Terlepas dari dua jenis tersebut, buah kurma mengandung banyak nutrisi. Klikdokter.com menyebutkan beberapa kandungan buah kurma seperti berikut:

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Serat
  5. Gula
  6. Protein
  7. Vitamin B6
  8. Zat besi
  9. Magnesium
  10. Potassium

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Banyaknya nutrisi yang ada di dalam buah kurma, membuat buah dengan rasa manis ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Melansir dari klikdokter.com, berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan.

  1. Mencukupi kalori dan gizi yang diperlukan tubuh, Kandungan kalori dalam buah kurma ternyata lebih tinggi dibandingkan buah kering lain seperti kirmis dan buah ara. Sebagian kalori dari kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein. Tak hanya kaya kalori, kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh.
  2. Memelihara kesehatan sistem pencernaan, Manfaat kurma lainnya yaitu dapat melancarkan sistem penerncaan. Hal ini dikarenakan kurma mengadung serat. Kandungan ini dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur khususnya untuk pembentukan feses.
  3. Mencegah penyakit kronis, Konsumsi kurma juga dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit kronis seperti gangguan jantung, penyakit kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.
  4. Mengganti konsumsi gula pasir, Manfaat kurma untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai pengganti gula putih. Hal ini dikarenakan kurma memiliki rasa manis. Kandungan antioksida yang tinggi juga menjadi nilai tambah dalam buah ini.
  5. Mengembalikan elektrolit yang hilang, Buah kurma juga dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan elektrolit yang hilang. Hal ini dikarenakan kurma mengandung potasium yang cukup tinggi. Sebagai pengetahuan, potasium adalah salah satu unsur elektrolit yang diperlukan tubuh untuk menguatkan tubuh dan membangun otot.
  6. Mencegah peradangan, Manfaat kurma selanjutnya yaitu mencegah peradangan. Manfaat ini didapat karena kurma mengandung polifenol yang tinggi, bahkan kandungan ini diketahui lebih tinggi dibandingkan buah lain.
  7. Mencegah anemia, Salah satu cara untuk mencegah anemia yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kurma merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dalam kurma bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia.
  8. Baik untuk lambung, Manfaat kurma untuk lambung dapat menjadi camilan sehat bersama dengan buah sehat lainnya seperti alpukat, jagung manis, kacang kedelai, dan lain sebagainya. dr. Annes Waren dalam alodokter.com, menyebutkan bahwa kurma menjadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit asam lambung sebagai camilan sehat.

Manfaat Makan Kurma saat Buka Puasa

Kurma menjadi buah favorit umat muslim saat Ramadan. Buah manis ini biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil sebelum mengonsumsi menu buka puasa lainnya. Selain enak, buah kurma yang dikonsumsi saat buka puasa ternyata memberikan beberapa manfaat baik tubuh. Mengutip dari honestdocs.id, berikut tiga manfaat kurma saat buka puasa.

  1. Sumber energi Saat berpuasa, nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh beraktivitas sakan berkurang karena tidak adanya asupan makanan sepanjang hari. ,Maka dari itu, salah satu cara untuk mengembalikan energi saat berbuka yaitu dengan konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Salah satu makanan yang cocok dan tepat untuk berbuka yaitu kurma. Hal ini dikarenakan buah kurma mengandung karbohidrat dan kalori yang dapat meningkatkan energi tubuh. Tak hanya itu, kurma juga mengandung air yang mencegah dehidrasi dan menambah cairan tubuh yang hilang selama puasa.
  2. Melancarkan pencernaan, Manfaat makan kurma saat buka puasa yaitu bisa melancarkan pencernaan. Buah yang satu ini mengandung serat yang berguna untuk mencegah sembelit dan membuat pencernaan lebih lancar. Selain tinggi serat, kurma juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama selama puasa.
  3. Menjaga kekebalan tubuh, Kurma juga ternyata bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kurma mengandung senyawa antioksian yang tinggi sehingga dapat mencegah peradangan dan menjaga imun tubuh.

Selain mengandung antioksidan, manfaat kurma juga bisa melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang berasal dari sinar matahari berlebih, asap rokok, atau infeksi. Dengan mencegah radikal bebas, maka tubuh akan terhindari dari efek penuaan, kerusakan sel tubuh, dan penyakit kanker.

Artikulli paraprakWE ARE HIRING ADMIN PAJAK
Artikulli tjetërUngkap Kelemahan Mesin M15A di Suzuki SX4, Swift dan Aerio

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini