Warat21.com Suzuki SX4,Neo Baleno, Aerio, Baleno Next-G sampai Swift memakai basis mesin yang sama, yaitu mesin berkode M15A.

Mesin M15A buatan Suzuki ini berkapasitas 1.500 cc 4-silinder DOHC yang sudah dilengkapi dengan teknologi VVT (Variable Valve Timing).

Menurut Wahri dari bengkel spesialis Suzuki Ari Motor, mesin berkode M15A memiliki beragam kelebihan.

“Mesin M15A dia dipakai di SX4 dan Neo Baleno, Swift, Baleno next G dan Aerio, kelebihannya mesinnya halus, lumayan irit BBM karena sudah VVT, dan dia punya tenaganya di putaran atas,” buka Wahri, pemilik bengkel spesialis Suzuki Ari Motor di BSD, Tangerang Selatan.

Sebelum Beli, Baca Dulu Penyakit Rawan Mesin M15A Suzuki Swift, SX4, Baleno  dan Aerio - GridOto.com
Mesin M15A – Otoseken.gridoto.com (16/4)

Meskipun punya beragam kelebihan dan masih tergolong bandel, namun menurut Ari, mesin berkode M15A juga memiliki kelemahan.

“Kelemahan mesin M15A penyakit yang sering ditemui itu (volume) air radiator di tabung reservoir sering habis,” ungkap Pria yang sudah lama pegang mobil Suzuki ini.

“Penyebabnya karena packing cylinder head atau cylinder head-nya sendiri yang sudah aus, dampaknya air radiator masuk ke kompresi, itu hampir semua Suzuki (kode mesin) seri M,” lanjutnya.

Masih kata Ari, jika hal tersebut dibiarkan, dampak terburuknya mesin bisa mengalami overheat alias panas berlebih.

Suzuki Aerio Belum Punah, Parasnya Keren Dengan Jubah Full Biru -  GridOto.com
Gridoto.com (16/4)

“Ciri-ciri cylinder head udah kena di mesin seri M Suzuki, biasanya air radiator enggak mau bersirkulasi, thermostat enggak mau ngebuka kalau cylinder head sudah aus, bisa air radiator masuk ke kompresi atau terbuang di reservoir,” katanya.

“Jadi kalau pemilik Suzuki (kode mesin) yang seri M kalau air radiator di reservoir sering berkurang, atau selang radiator atas panas tapi selang bawah dingin, wajib curiga,” tambah Ari.

“Kalau biaya perbaikan packing cylinder head mesin seri M kayak Aerio, Beleno Next G, SX4, Neo Baleno, dan Swift biayanya Rp 3 juta sampai Rp 3,5 juta,” tutup Wahri, pemilik bengkel spesialis Suzuki Ari Motor di BSD, Tangerang Selatan.

Artikulli paraprakManfaat Kurma Untuk Tubuh, Saat Buka Puasa Ramadhan
Artikulli tjetërBeberapa Ucapan Selamat Paskah, Siap Dibagikan di Medsos!

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini