Sumber: Autofun.co.id

Warta21.com – Bersamaan dengan Avanza, Toyota Veloz 2022 diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor sehari sebelum pembukaan GIIAS 2021. Sebagai tipe termahal sekaligus termewah, All New Veloz mendapatkan perbedaan yang cukup signifikan dibanding All New Avanza.

Mengetahui harga bandrolnya saat ini, Veloz 2022 diniagakan mulai dari Rp251,2 juta sampai dengan Rp291,5 juta. Perlu kalian ketahui, varian Veloz sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011. Sebagai ever-better car baru, All New Veloz kini dilengkapi dengan teknologi canggih yang menjadi pertama di kelasnya.

Sebelum berniat untuk meminang Toyota Veloz 2022 dalam waktu dekat, sebaiknya simak dulu beberapa jawaban mengenai mobil ini.

1. Toyota Veloz 2022 Buatan Mana?

Secara tampilan All New Veloz telihat berbeda dibanding Avanza, dimana mobil ini terkesan lebih sporty, atraktif dan luxury. Seperti yang diketahui, untuk Avanza dan Xenia sendiri diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Sedangkan Toyota Veloz 2022 kini dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang Plant II, Jawa Barat

2. Dengan Platform Baru, Apakah Toyota Veloz 2022 Semakin Nyaman?

Sama seperti Avanza dan Xenia, Toyota Veloz 2022 dibangun berdasarkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Teknologi DNGA ini dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Dengan begitu teknologi ini juga akan menghasilkan sebuah kendaraan yang nyaman dan aman ketika dikendarai. Menggunakan struktur Front Engine – Front Wheel Drive (FF) dengan New Developed Suspension yang mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang, membuat mobil ini terasa lebih stabil terlebih dimensinya kini lebih lebar dengan jarak sumbu roda yang panjang.

3. Toyota Veloz 2022 Apakah Pakai Mesin Baru?

Toyota Veloz 2022
Toyota Veloz 2022 menggunakan mesin 2NR-VE sama seperti generasi sebelumnya

Mengenai jantung pacu, Toyota Veloz 2022 disematkan mesin 2NR-VE yang juga dipakai oleh generasi sebelumnya. Dibenamkan secara meintang, mesin 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc yang digunakan mampu memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

4. Toyota Veloz 2022 Pakai Transmisi CVT, Apakah Jadi Semakin Nyaman Berkendara?

Toyota Veloz 2022
Selain manual 5-percepatan, Toyota Veloz 2022 hadir dengan pilihan transmisi CVT

Toyota Veloz 2022 kini ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta New Adopted CVT Transmission. Transmisi CVT yang digunakan dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. Tak hanya itu, penggunaan transmisi CVT pada All New Veloz juga mampu menghasilkan tingkat konsumsi BBM yang lebih efisien.

5. Fitur Baru Apa Saja yang Ada di Dalam Toyota Veloz 2022?

Toyota Veloz 2022
Tampilan dashboard Toyota Veloz 2022

Guna mendukung rasa berkendara yang ‘fun to drive’, Toyota Veloz 2022 telah mendapatkan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit, serta dilengkapi Drive Mode Switch. Selain itu, mobil ini juga mendapatkan New Advanced 7 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual.

Bicara tampilan dashboard, mobil ini terlihat semakin premium dan stylish berkat adanya beberapa material soft touch. Untuk sistem hiburannya sendiri All New Veloz disematkan head unit 9 inci yang mendukung konektivitas smartphone serta new rear-seat entertainment.

Agar pengguna merasa lebih nyaman disaat melakukan perjanalan jauh, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Terdapat pula New Push Start Button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat. Tak hanya itu, Toyota Veloz 2022 juga mendapatkan sentuhan New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, yang dikombinasikan dengan New Vibrant Illumination Light.

6. Apa Saja Upgrade Pengereman di Toyota Veloz 2022?

Toyota Veloz 2022
Sistem pengereman All New Veloz menggunakan cakram di semua roda

Pada sistem pengeremannya, All New Veloz telah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

7. Seberapa Canggih Fitur Keselamatan Toyota Veloz 2022?

FAQ: Jawaban Penting Seputar Toyota Veloz 2022, Patut Diketahui Sebelum Beli 07
Toyota Safety Sense (TSS) hadir di varian teratas All New Veloz

Soal fitur keselamatan, All New Veloz memperoleh Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), rear parking sensor, dual airbag, rear parking camera (tipe Q) dan alarm + immobilzer untuk fitur keamanannya.

Namun untuk varian teratasnya, Q CVT TSS, mendapatkan tambahan fitur keselamatan berupa 6 airbag (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai), serta Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert.

8. Toyota Veloz 2022 Memiliki Fitur Canggih Serupa New Camry?

FAQ: Jawaban Penting Seputar Toyota Veloz 2022, Patut Diketahui Sebelum Beli 08
Fitur canggih T Intouch hadir di tipe teratas All New Veloz

Fitur canggih berupa T Intouch hadir pada model premiumnya yaitu New Camry. Namun siapa sangka, kini fitur ini juga turut ditawarkan pada tipe teratas Veloz, Q CVT dan Q CVT TSS.

Perlu kalian ketahui, T Intouch menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

T Intouch pada All New Veloz menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Disisi lain, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan kami mengalami kecelakaan, yang menghubungkan pelanggan kami dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Kesimpulan

Beberapa pertanyaan penting mengenai Toyota Veloz 2022 berhasil kami jawab di atas. Tidak sekedar menampilkan bentuk yang jauh lebih atraktif, sporty dan prestisus, All New Veloz juga menawarkan kenyamanan dan keamanan berkendara yang lebih baik berkat penggunaan platform baru, fitur keselamatan, keamanan, hiburan serta performa yang ditawarkan.

Artikulli paraprakBore Up Motor Beresiko? Yakin Mau Bore Up? Simak Beritanya
Artikulli tjetërToyota Veloz 2022 Katanya Gak Kuat Najak, Bener Ga sih?

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini