Terkait Toyota Veloz 2022 Kewalahan Nanjak Curam Full Penumpang, Ini  Tanggapan Toyota - GridOto.com
Sumber: Carmudi.co.id

Warta21.com – Perubahan signifikan yang terjadi pada All New Avanza dan Veloz, terletak di bagian sistem penggerak roda. Avanza dan Veloz generasi sebelumnya, menggunakan penggerak roda belakang sedangkan versi terbaru berubah menjadi penggerak roda depan.

Mobil dengan sistem penggerak roda belakang dan depan sering kali menjadi perdebatan dikalangan pencinta otomotif.

Ada yang mengatakan bila mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih tangguh untuk melahap jalan menanjak. Sedangkan mobil dengan penggerak roda depan cenderung sulit melibas tanjakan.

Menurut Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), sistem penggerak roda depan maupun belakang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, ada baiknya jangan hanya melihat dari sisi penggeraknya saja, tapi secara keseluruhan dari produk, seperti performa mesin, transmisi, dan lainnya.

“Penggerak roda depan dan belakang adalah baik dan dua-duanya punya plus serta minus masing-masing. Tetapi pastinya, untuk All New Avanza dan Veloz terbaru ini kami sudah mempertimbangkan tidak hanya masalah penggerak roda depan atau belakang, tapi banyak sekali pertimbangannya. Mulai dari masalah infrasruktur yang sudah lebih membaik, kemudian kondisi jalan Indonesia, kemudian ini platform baru. Ya tujuannya pasti lebih ringan bobotnya, lebih irit, dan juga harus bisa memenuhi aturan terbaru carbon tax,” kata Anton, dalam acara peluncuran virtual All New Avanza dan Veloz, Rabu, (10/11/2021).

Anton menambahkan, sebaiknya konsumen jangan langsung berasumsi aneh-aneh begitu tahu All New Avanza dan Veloz menggunakan penggerak roda depan.

“Oleh karena itu, kami juga tidak ragu untuk menyediakan unit test drive di diler. Karena kami sangat percaya diri dengan performa secara menyeluruh dari produk ini (All New Avanza dan Veloz), dari sisi akselerasi, kenyamanan dan sebagainya. Jadi konsumen bisa merasakan langsung dan lebih yakin lagi. Sebenarnya ini bukan merupakan satu hal yang baru, karena memang di segmen ini sendiri pun rata-rata penggerak roda depan,” terang Anton.

Bahkan dirinya pun menyakini bahwa, kendati All New Avanza dan Veloz menggunakan penggerak roda depan masih kuat untuk melewati jalan menanjak.

“Kemampuan menanjak pun sebenarnya sudah dites baik oleh tim development, Engineering, bahkan oleh tim dari Toyota Astra Motor sendiri. Kami melihat tetap bisa untuk memenuhi kebutuhan kodisi jalan di Indonesia,” jelasnya.

All New Avanza dan Veloz Dibekali Hill Start Assist

Menambah kenyamanan berkendara khususnya saat melaju di jalan menanjak, Toyota telah menyematkan fitur Hill Start Assist.

Fungsinya untuk mengaktifkan rem selama beberapa detik untuk menahan mobil supaya tidak bergerak mundur. Terutama ketika pengemudi ingin memindahkan kaki, dari pedal rem ke gas.

“Untuk menanjak kami juga tambahkan fitur-fitur seperti Hill Start Assist dan sebagainya. Saya rasa ini bisa mempermudah buat konsumen. Jadi bukan hanya masalah penggerak roda depan dan belakang, tapi bagaimana tuning dari performa mesin, transmisi dan teknologi yang ada di mobil ini untuk mempermudah orang melakukan akselerasi atau tanjakan,” pungkas Anton.

Artikulli paraprakToyota Veloz 2022, Ini Yang Perlu Diketahui Sebelum Beli
Artikulli tjetërTukul Arwana Kurus? Begini Kondisi Tukul Arwana Saat Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini