Sumber: Tempo.co

Warta21.comJakarta – Olimpiade musim dingin 2022 atau Olimpiade Beijing 2022 akan dibuka mulai hari ini, Jumat, 4 Februari 2022. Pesta olahraga berbasis salju ini berlangsung hingga 20 Februari 2022.

Berikut sejumlah kabar terbaru menjelang pembukaan:

Jackie Chan dan Andy Lau di Pembukaan

Sedikitnya 100 seniman musik dan peran turut meramaikan Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympics) 2022, sementara Presiden China Xi Jinping melaporkan persiapan pembukaan ajang tersebut yang akan digelar di Beijing hari ini.

Di antara para artis terdapat bintang film laga Jackie Chan dan Andy Lau.

Mereka bersama-sama menyanyikan lagu berjudul “Together for a Shared Future” dengan gaya masing-masing yang kemudian disatukan dalam sebuah video yang disiarkan di salah satu televisi hiburan di China.

Dalam waktu sekitar 20 hari, para produser melakukan perjalanan ke beberapa kota dan wilayah, seperti Shanghai, Shenzhen, Hong Kong, dan Makau, untuk menemui para bintang yang akan terlibat dalam proyek itu, menurut laporan media China.

Sementara itu, Presiden Xi memberikan sambutan melalui video siaran langsung pada sidang ke-139 Komisi Olimpiade Internasional (IOC), Kamis.

Dalam sidang itu, Xi menekankan partisipasi aktif China dan konsistensi negara itu dalam menyebarkan semangat Olimpiade ke penjuru dunia.

“Olimpiade Beijing 2022 dibuka besok malam dan semua mata akan tertuju pada China,” ujar pemimpin tertinggi Partai Komunis China itu.

Ia melaporkan kesiapannya untuk mempersembahkan Olimpiade yang simpel, aman, dan semarak untuk dunia.

Selanjutnya: Ilmuwan Minta Cina Tak Halangi Penyelidikan Covid-19

Penyelidikan Covid-19

Beberapa jam jelang upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, sekelompok ilmuwan internasional menuntut agar China berhenti menghalangi penyelidikan independen tentang asal-usul Covid-19.

Sebanyak 20 ilmuwan dari Eropa, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, India, dan Jepang Kamis menerbitkan surat terbuka yang mengkritik keras Beijing karena mencegah upaya untuk benar-benar memahami bagaimana pandemi dimulai.

Surat terbuka berjudul “Mengizinkan Investigasi Internasional Komprehensif tentang Asal-usul Pandemi akan menjadi Ekspresi Sejati dari Nilai Olimpiade”, memperingatkan bahwa kegagalan mengungkap asal-usul pasti virus yang menyebabkan Covid-19 menempatkan dunia pada risiko pandemi di masa depan yang lebih besar.

“Upaya berkelanjutan oleh pemerintah China untuk memblokir penyelidikan penting tentang asal-usul pandemi … telah menjadi penghinaan terhadap komunitas ilmiah internasional dan orang-orang di mana pun,” kata surat itu, seperti dilansir AFP.

Para ilmuwan mendesak negara-negara dan orang-orang di seluruh dunia untuk memanfaatkan Olimpiade untuk menyoroti penghambatan China dan menuntutnya untuk mengubah arah.

“Aspirasi mulia” dari Olimpiade “dirusak melalui upaya berkelanjutan dari pemerintah tuan rumah untuk mencegah penyelidikan internasional yang komprehensif tentang asal mula pandemi Covid-19,” tulis mereka.

Para ilmuwan menuduh Beijing “menghancurkan sampel biologis, menyembunyikan catatan (dan) memenjarakan jurnalis warga China yang berani”.

Mereka juga mencela “serangkaian perintah pembungkaman yang mencegah ilmuwan China mengatakan atau menulis apa pun tentang asal mula pandemi tanpa persetujuan pemerintah sebelumnya”.

Jerman Diganggu Covid-19

Kontingen Olimpiade Musim Dingin Jerman mengatakan bahwa pihaknya telah dilanda wabah COVID-19 menjelang pembukaan pesta olahraga itu, dengan enam kasus dikonfirmasi pada saat kedatangan di Beijing.

Konfederasi Olahraga Olimpiade Jerman (DSOB) Kamis mengatakan keenam kasus tersebut dihasilkan dari pengujian PCR oleh otoritas China ketika anggota kontingen tiba di bandara Beijing pada Kamis.

Sebanyak 78 anggota kontingen Jerman lainnya yang ikut dapat lawatan tersebut semuanya dinyatakan negatif.

DSOB dalam pernyataannya menyebutkan bahwa kasus positif COVID-19 mempengaruhi tiga cabang olahraga yang masih dirahasiakan, dan tidak menyebutkan nama-nama mereka yang terkait serta tidak merinci apakah mereka adalah atlet, pelatih atau staf pendukung.

Mereka yang terkena dampak semuanya bebas gejala dan telah diisolasi dari anggota tim lainnya.

Pada Rabu, skater Nolan Seegert dikonfirmasi sebagai kasus positif pertama di antara tim Jerman untuk Olimpiade, yang akan dibuka pada hari Jumat.

Artikulli paraprakEri Cahyadi: Surabaya Berpotensi Naik ke PPKM Level 2
Artikulli tjetërPelapor Arteria Dahlan Diperiksa Polda Metro Jaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini