Beranda Bisnis Dosen UWP Dampingi UMKM Mitra Penjahit Lansia Kelurahan Dukuh Pakis

Dosen UWP Dampingi UMKM Mitra Penjahit Lansia Kelurahan Dukuh Pakis

704
0

Pemberdayaan Penjahit Lansia Menuju Hidup Sehat dan Produktif di Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya

Surabaya, Warta21.com – Pasca pandemi covid-19 memberikan banyak tantangan luar biasa bagi masyarakat. Begitu juga yang di alami oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya. Hal itu membuat Tim Pendamping Program Pengabdian Masyarakat dari Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya memberikan sosialisasi pada Mitra UMKM Penjahit Lansia.

Didalam program pendampingan tersebut, Ketua program pendampingan dari Universitas Wijaya Putra, Nur Jannah, S.E., M.M.  memberikan edukasi mengenai masalah kesehatan pada lansia, terkait penyakit gangguan kardiovaskuler. 

Pengabdian Pada Masyarakat

Dalam program pengabdian kepada masyarakat ini, Nur Jannah didampingi oleh dua rekannya yang juga merupakan dosen Universitas Wijaya Putra Surabaya yaitu, Dwi Lesno, S.E., M.M. dan Agung Bayu Murti,SE.,MSE beserta 2 orang mahasiswa Fardy Metrianto dan Fifiana dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang ikut serta memberikan support untuk meningkatan pengetahuan warga tentang peningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memperbaiki dan mempertahankan status kesehatan lansia, meningkatakan kesehatan jantung bagi lansia, mengurangi resiko penyakit jantung.

Pemberdayaan kepada Mitra UMKM Penjahit Lansia Menuju Hidup Sehat dan Produktif – Warta21.com (Pic : Fey)

“UMKM Penjahit Lansia sangat bisa produktif dalam aktifitasnya, oleh sebab itu diperlukan hidup sehat sehingga bisa terus produktif dalam menghasilkan karya” Tutur Nur Jannah.

Maka perlu sekali edukasi manajemen hipertensi yang bisa membantu para lansia untuk memonitor perkembangan kesehatan agar tetap bisa menjalankan aktivitas kegiatan menjahit.

Tim Pengabdi juga memberikan fasilitas pendampingan berwirausaha dalam menjahit agar menghasilkan produksi yang bagus dan usaha menjahit ini bisa berkelanjutan.

Pemberian motivasi diharapkan kepada Mitra UMKM Penjahit Lansia agar tetap terjaga semangatnya dan produktif serta hidup sehat untuk memproduksi sebuah karya jahitan pakaian.

Serta dengan adanya pelatihan maka UMKM Penjahit Lansia diharapkan bisa menaikkan omzet penjualan. Usaha menjahit bisa bertahan dan berlanjut dengan hasil karya yang bagus.

“Kami dari Universitas Wijaya Putra Surabaya selain memberikan pendampingan wirausaha juga memberikan tensi untuk memonitor kesehatan para lansia”. Disampaikan oleh Nur Jannah.

Apa itu Penyakit Gangguan Kardiovaskuler?

Program Pendampingan terhadap Mitra UMKM Penjahit Lansia – Warta21.com | Fey

Penyakit gangguan kardiovaskular (CVD) adalah istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit vaskular perifer (PVD).

Penyakit gangguan kardiovaskuler bisa dikarenakan gaya hidup individu yang tidak menghiraukan efek negatif terhadap kesehatan, bahkan sampai tak mengenal apa itu olahraga.

Minimnya informasi tentang Kardiovaskuler dimana ada keluhan karena produktifitas menurun sehingga para UMKM berpikir lebih untuk mengatasi masalahnya, lupa akan kondisi fisik yang mengakibatkan Hipertensi.

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprak16 Besar Malaysia Masters: 12 Wakil Indonesia Bertanding!
Artikulli tjetërHasil Piala AFF U-19: Peran Marselino Sangat Vital

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini