Warta21.com,Solo- Keputusan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSIGiring Ganesha mundur jadi capres dalam kontestasi Pemilu 2024 membuat kaget kader di Solo, Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Solo Antonius Yogo Prabowo menanggapi mundurnya Giring ketika dihubungi Kompas.com via sambungan teleponnya pada Kamis (24/2/2022) malam.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Solo Antonius Yogo Prabowo.(KOMPAS.com)

Yogo menyampaikan, bahwa keputusan Giring yang memilih mundur dari bursa capres 2024 tersebut di luar dugaan pengurus struktural dan kader daerah. “Iya kaget,” kata Yogo.

Giring mendeklarasikan capres 2024 pada Agustus 2020 lalu. Keputusan Giring tersebut mendapat dukungan dari kader PSI, Pemasangan baliho Giring pun dipasang di seluruh Indonesia.

Termasuk menyosialisasikan eks vokalis grup band Nidji tersebut ke masyarakat luas. “Tapi, bahwa hari ini di internal kami mulai rapat ternyata pertimbangannya ini, dan apa yang sudah kami dapatkan secara partai dengan keputusan Bro Giring kami bisa menerima dan mendukung langkah beliau,” ungkap Yogo.

Dia menuturkan, Giring mundur dari bursa capres karena ingin fokus untuk meloloskan PSI ke Senayan pada Pemilu 2024 serta menghantarkan lebih banyak lagi kader-kader PSI ke kursi parlemen dan eksekutif.

“Dengan sadar Bro Giring setelah menyatakan mundur dari capres akan fokus untuk 2024, terutama untuk pemenangan Pileg dan Pilkada. Jadi, fokus untuk pemenangan caleg-caleg PSI,” kata anggota Komisi IV DPRD Solo.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSIGiring Ganesha mengumumkan tak akan maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengumuman itu disampaikan Giring dalam sebuah konferensi pers yang digelar secara daring pada Kamis (24/2/2022) pagi.

“Maka, hari ini dengan penuh kesadaran, saya Giring Ganesha mengumumkan mundur dari pencalonan presiden Republik Indonesia,” kata Giring dalam konferensi pers, Kamis.

Giring mengakui, sebelumnya ia memang memberanikan diri maju sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Adapun hal tersebut, kata dia, merupakan wujud dari komitmen PSI sebagai partai yang terbuka di mana mempersilakan kader-kadernya maju sebagai pemimpin nasional dan daerah.

Giring juga menceritakan bagaimana ia berkeliling Indonesia untuk mengupayakan niatnya maju sebagai capres.

Namun, Giring kemudian mengurungkan niatnya ketika muncul wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi) untuk maju kembali dalam Pilpres.

Menilai wajar adanya wacana itu, Giring merasa bahwa Jokowi memang sosok pemimpin ideal sehingga mendapat tempat di hati masyarakat untuk diinginkan kembali menjabat presiden.

Namun, eks vokalis grup band Nidji itu menilai wacana agar Jokowi menjabat kembali terhalang oleh konstitusi.

Menyudahi keinginannya itu, Giring berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia dan para relawan yang bekerja untuk menjadikan dirinya sebagai capres.

Saat ini, Giring mengatakan dirinya dapat lebih fokus untuk membangun PSI ke depannya setelah mengumumkan diri mundur dari pencalonan presiden.

Baca Juga: 3 Tantangan yang Dihadapi dalam Presidensi G20

sumber: kompas.com

Artikulli paraprakUEFA Gelar Rapat Khusus Seputar Final Liga Champions Rusia
Artikulli tjetërAwak Pesawat Angkut Rusia Tewas, Usai Jatuh Dekat Ukraina

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini