Warta21.com –Program kerja bakti massal“ Surabaya Bergerak” terus digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) serta masyarakat, baik di kawasan perkampungan ataupun perumahan. Hari ini( 8/ 1/ 2023) terdapat 222 kawasan yang menjajaki program tersebut, salah satunya di Jalur Kedondong Lor Gang 3 Nomor. 18A, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng.

Pimpinan RT 03, Jalur Kedondong Lor Gang 3, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Ade Hermawan berkata, masyarakat yang turut dalam kerja bakti kali ini sangat bersemangat. Yang jadi prioritas pembersihan merupakan normalisasi saluran pembuangan air.

Baginya, program yang diinisiasi oleh Wali Kota Eri Cahyadi ini sangat menolong masyarakat dalam perihal kebersihan area.“ Jika dahulu itu kala kami memohon dorongan petugas kebersihan buat menolong kan sulit. Saat ini dengan terdapatnya program ini jadi gampang,” kata Ade.

Bagi Ade, registrasi program“ Surabaya Bergerak” lumayan gampang. Tiap Pimpinan RT lumayan mendaftarkan kawasannya lewat web https:// bergerak. surabaya. go. id.

“ Daftarnya kan melalui online, kemarin aku sampaikan kepada masyarakat, mereka tambah semangat,” ucapnya.

Tidak hanya di kawasan Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, aktivitas ini pula digerakkan oleh masyarakat Jalur Gemol 1D Nomor. 35, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung. Di posisi ini, masyarakat fokus melaksanakan perapihan paving serta normalisasi saluran.

Pimpinan RT 04 Jalur Gemol 1D Nomor. 35, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Iswandi menarangkan, perapihan paving dicoba secara swadaya oleh masyarakat. Baginya, paving di jalur tersebut telah waktunya dicoba perapihan.

“ Kita prioritaskan paving serta gorong- gorong. Sebab paving ini telah terdapat sebagian yang lepas serta kurang apik, sehingga kita jalani pembersihan,” jelas Iswandi.

Sama semacam di daerah kerja Ade, Iswandi mengatakan, warganya sangat bersemangat kerja batik bersama dalam aktivitas Surabaya Bergerak. Dia berharap, program ini bisa berkepanjangan serta terus digerakkan oleh masyarakat.“ Kami harap sehabis dibersihkan, ke depannya masyarakat dapat melindungi lingkungannya. Sangat tidak dalam sebulan 2 kali kerja bakti,” harapnya.

Tidak jauh dari posisi RT 04 Jalur Gemol 1D Nomor. 35, masyarakat RT01, Jalur Gemol 1C pula melaksanakan perihal yang sama. Di lingkup RT 01/ RW03, masyarakat fokus mengerjakan perapihan rumput liar serta penyusunan tumbuhan hias.

Pimpinan RT 01 Jalur Gemol 1C, Juwartini meningkatkan, perapihan kali ini dicoba masyarakat di dekat Kali Makmur. Baginya, rumput di kawasan ini telah sangat besar sehingga wajib dicoba pembersihan.

“ Kemarin saat sebelum masa hujan, kampung kami yang sisi depan telah dibersihkan. Nah, saat ini kami laku pembersihan di sisi balik, tepatnya di bantaran Kali Makmur ini,” imbuhnya.

Sedangkan itu, Kepala Dinas Area Hidup( DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro berkata, program“ Surabaya Bergerak” ini bukan cuma berakibat pada area. Hendak namun, pula berakibat pada kepedulian serta kepedulian dengan sesama.

“ Jadi di dalam program ini warga silih gotong royong mensterilkan lingkungannya, mereka hirau satu sama lain supaya bebas dari bencana. Sebab mensterilkan area itu perlu pemahaman dari diri tiap- tiap masyarakat Surabaya,” kata Hebi.

Hebi mengatakan, secara tidak langsung masyarakat yang berpartisipasi dalam aktivitas ini sudah menolong pemkot dalam mensterilkan saluran drainase buat menghindari terbentuknya genangan.“ Sesungguhnya fokus utamanya itu pembersihan saluran air. Tetapi, terdapat pula masyarakat yang melaksanakan perantingan, mengumpulkan benda sisa, serta sebagainya. Setelah itu kita bantu fasilitasi pengangkutan,” ucapnya.

Program yang telah berjalan sepanjang 2 bulan terakhir, titik sangat banyak yang menjajaki pada hari ini. Lebih dahulu, masing- masing pekan sangat banyak 80 titik RT yang berpartisipasi dalam“ Surabaya Bergerak”.“ Apalagi, waktu itu terdapat yang turut tetapi tidak catatan. Nah itu malah menyulitkan kami dalam pengangkutan hasil kerja bakti,” lanjutnya.

Buat memudahkan pemkot mengangkat sampah yang dihasilkan dalam kerja bakti, dia mengimbau kepada tiap- tiap Pimpinan RT buat mendaftar lewat web terlebih dulu. Tujuannya merupakan buat mempermudah DLH serta Dinas Sumber Energi Air serta Bina Marga( DSDABM) Surabaya mengangkat sampah hasil kerja bakti.

“ Jadi sangat tidak catatan dahulu, supaya kami ketahui titik jemputnya supaya tidak terdapat sampah yang terlantar di pinggir jalur. Tidak hanya itu, kami pula dapat berikan agenda masing- masing pekan, supaya tidak bertepatan kerja baktinya sehingga sampah itu dapat terangkut seluruh,” pungkasnya.

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakOknum Polisi Jual Istri Sendiri ke Sesama Polisi, 2 Perwira dilaporkan
Artikulli tjetërPPKM Dicabut, Okupansi Hotel di Surabaya Capai 80 Persen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini