Mar 27, 2022; Toronto, Ontario, CAN; Canada head coach John Herdman leads his players in the Viking Clap as they celebrate a win over Jamaica in a FIFA World Cup qualifying soccer match at BMO Field. Mandatory Credit: Dan Hamilton-USA TODAY Sports

Warta21.com- Di balik keberhasilan timnas Kanada merajai Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF, ada John Herdman di kursi pelatih yang mengukir catatan bersejarah.

Kanada berhasil mengalahkan Jamaika pada matchday ke-13 putaran terakhir Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF.

Bertanding di Stadion BMO Field, Toronto, pada Senin (28/3/2022) dini hari WIB, tim berjulukan Les Rouges itu sukses melibas Jamaika dengan skor telak 4-0.

Empat gol tim tuan rumah masing-masing dicetak oleh Cyle Larin (menit ke-13), Tajon Buchanan (44′), Junior Hoilett (83′), dan bunuh diri bek Jamaika, Adrian Mariappa, pada menit ke-88.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF tersebut membuat Kanada semakin mengukuhkan posisinya di puncak klasemen.

Les Rouges merajai klasemen Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF dengan nilai 28, unggul tiga angka atas Amerika Serikat yang berada di peringkat kedua.

Tak hanya itu, kemenangan atas Jamaika juga membawa Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Kanada pun berpesta. Sebab, untuk kali pertama sejak 1986, mereka akan kembali tampil pada ajang Piala Dunia.

Catatan Bersejarah John Herdman

Di balik performa impresif timnas Kanada pada Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF, ada peran besar sang juru taktik, John Herdman.

Di bawah kepelatihan Herdman, Kanada melaju kencang dengan mengemas delapan kemenangan, empat kali imbang, dan hanya sekali merasakan kekalahan pada fase akhir Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF.

Keberhasilan John Herdman membawa Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar pun membuat dirinya mengukir sebuah catatan bersejarah.

Herdman yang berasal dari Inggris menjadi pelatih pertama yang mampu membawa timnas putra dan putri satu negara lolos ke Piala Dunia.

Sebelum dipercaya menangani timnas putra Kanada pada 2018, John Herdman merupakan pelatih timnas sepak bola putri negara tersebut sejak 2011.

Bersama timnas putri Kanada, Herdman tampil di Piala Dunia Wanita 2015 yang dilangsungkan di negeri sendiri.

Kala itu, timnas putri Kanada besutan John Herdman melaju hingga perempat final sebelum kalah dari Inggris dengan skor 1-2.

Mundur ke belakang, John Herdman yang kini berusia 46 tahun juga pernah memimpin timnas putri Selandia Baru ke Piala Dunia Wanita 2007 dan 2011. “Kami baru saja memulai,” kata Herdman kepada Sportsnet usai mengantar Kanada mengakhiri penantian 36 tahun untuk berlaga di Piala Dunia FIFA.

“Saya masih tidak percaya. Saya masih mencoba meyakini ini, tapi ini akhirnya terjadi. Saya tidak bisa berkata-kata,” ucap Herdman setelah Kanada mengalahkan Jamaika pada laga ke-13 Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF.

Baca Juga: Lewandowski dan Raphinha Resmi Gabung Barcelona?

sumber: kompas.com

Artikulli paraprakIrene, Joy dan Yeri Red Velvet Bertindak Kasar ke Pramugari
Artikulli tjetĆ«rRoman AbramovichĀ dan Negosiator Ukraina di Racun!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini