SURABAYA, Warta21.com – Berikut berita Persebaya populer hari ini, Rabu (6/4/2022). Berita pertama soal sejumlah nama pemain yang dilepas Persebaya Surabaya.

Beberapa di antaranya adalah Ricky KambuayaRachmat Irianto dan M Syaifudin. Selanjutnya kabar pemain asing pengganti Taisei Marukawa dan Bruno Moreira.Manajemen sebut bahwa sudah deal 1 pemain asing, Siapakah ia?

Simak ulasan lengkapnya:

1. Daftar Pemain yang Dilepas Persebaya Surabaya

Gelandang Persebaya Ricky Kambuaya Menghilang Jelang lawan Arema FC di Liga 1
Gelandang Persebaya Ricky Kambuaya Menghilang Jelang lawan Arema FC di Liga 1 (Persebaya)

 Bursa transfer di Persebaya Surabaya terus berjalan secara dinamis. Tim Bajul Ijo terus merilis pemain-pemain-pemain yang dilepas apda kompetisi Liga 1 musim depan.

Persebaya Surabaya sudah dipastikan kehilangan tiga pemain asingnya, yakni Bruno Moreira yang memutuskan bermain di kompetisi Eropa, Taisei Marukawa yang berlabuh ke PSIS Semarang, dan Arsenio Valpoorts.

Selain melepas pemain asing di Liga 1 musim lalu, Bajul Ijo juga memastikan melepas beberapa pemain lokalnya.

Pemain lokal yang sudah diumumkan secara resmi dilepas Bajul Ijo, yakni kiper David Ariyanto, Arizky Wahyu, Johan Yoga, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Rachmat Irianto dikabarkan deal ke Persib Bandung, susul Ricky Kambuaya (Instagram: Rachmat Irianto)

Dilepasnya Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto oleh Persebaya Surabaya terbilang cukup mengejutkan.

Diisukan akan Keluar Persebaya dan Gabung Persib hingga Bali United, ini  Biodata Rachmat Irianto - Surya.co.id

Kedua pemain tersebut merupakan dua pemain pilar Bajul Ijo pada kompetisi BRI liga 1 2021-2022. Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto selalu menjadi pilihan pertama pelatih Aji Santoso guna mengisi posisi gelandang bertahan dan serang Bajul Ijo.

Selain itu, status Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto juga penggawa Timnas Indonesia. Keduanya merupakan pemain inti skuad Garuda besutan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 di Singapura yang berakhir sebagai runner-up.

Kerja sama Persebaya dengan Rachmat Irianto (Riani) dan Ricky Kambuaya harus berakhir musim ini. Semoga sukses Rian dan Kambuaya,” tulis akun Instagram resmi Persebaya, Selasa (5/4/2022) malam.

Dalam postingan tersebut Persebaya juga menjelaskan keduanya gagal memperkuat Persebaya lagi dengan alasan berbeda-beda.

“Kambuaya tidak mencapai kata sepakat dalam pembicaraan perpanjangan kontrak bersama Persebaya,” tulis akun instagrem resmi klub @officialpersebaya.

M Syaifudin Masih Bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2019, Siap Bermain  di Posisi Manapun - Tribunjatim.com

Sementara Rian, -panggilan Rachmat Irianto- yang dibesarkan dari klub internal Persebaya dan putra dari legenda hidup Bajul Ijo, Bejo Sugiantoro, memiliki alasan yang lebih kompleks.

“Rian memilih untuk tidak melanjutkan kerja sama karena alasan keluarga. Kritik yang selama ini ia terima sudah berbuah tuduhan dan teror pada pihak keluarga,” sambungnya.

“Dengan berat hati ia harus meninggalkan tim impiannya sejak kecil,” lanjutnya.

Baik Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto tampil impresif bersama Persebaya musim lalu.Ricky Kambuaya sudah dipastikan keluar dari Persebaya Surabaya di Liga 1 musim depan (Persebaya)

Ricky Kambuaya mencetak 6 gol dan 2 assist dari 18 penampilannya bersama Persebaya. Sementara Rian meski belum mencetak gol dan assist, sukses mengawal lini tengah Persebaya dengan baik.

Persebaya merupakan klub profesional pertama Rian yang dibela sejak 2016 lalu hingga saat ini. Sementara Ricky Kambuaya didatangkan Persebaya sejak musim 2020 dari PSS Sleman.

Kecuali Johan Yoga, David Ariyanto, Arizky Wahyu, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya, beberapa pemain lokal Bajul Ijo juga dipastian keluar dari tim kebanggan Bonek dan Bonita.

Mereka itu, seperti Oktafianus Fernando, M Syaifuddin, Rendi Irwan, dan Reva Adi Utama.

Meski belum dirilis oleh manajemen Persebaya, Oktafianus Fernando sudah berpamitan melalui instagram pribadinya

Sementara satu nama lain yang juga menyatakan tidak akan memperkuat Persebaya musim depan adalah M Syaifuddin.

“Iya betul, musim depan saya sudah tidak di Persebaya lagi,” ucap M Syaifuddin saat dikonfirmasi surya.co.d, Selasa (5/4/2022).

Ditanya soal alasan kepindahan, pemain asli Surabaya itu enggeh memberi jawaban.

M Syaifuddin pemain yang serba bisa, bermain di posisi bek kanan, center bek maupun bek kiri. Ia memperkuat Persebaya sejak musim 2017.

Ia diterangarahi pindah dari Persebaya guna mencari tantangan di klub lainnya.

Lantaran selama di Persebaya Surabaya di Liga 1 musim lalu, Syaifuddin jarang mendapatkan menit bermain. Ia kalah bersaing dengan Arif Satria, Rizky Ridho, Alie Sesay yang lebih banyak menjadi tembok belakang Bajul Ijo.

Sedangkan Rendi Irwan dikabarkan tidak melanjutkan karirnya di Persebaya, juga karena ingin memberi kesempatan kepada pemain mdua Bajul Ijo berkembang.

Kabar santer, Rendi Irwan meninggalkan Bajul Ijo guna bergabung dengan Deltras Sidoarjo yang kini bermain di Liga 2 musim depan.

Langkah Rendi Irwan bisa juga diikuti pemain Persebaya lainnya, seperti Oktafianus Fernando, M Saifudin dan pemain lainnya.

Selanjutnya, Reva Adi yang bisa menempati posisi bek kiri juga dikabarkan akan meninggalkan Bajul Ijo. Ia disebut-sebut akan bergabung ke Madura United.

Daftar Pemain Persebaya yang keluar:

1. David Ariyanto (kiper)

2. Arizky Wahyu (bek kanan)

3. Ricky Kambuaya (gelandang)

4. Rahmat Irianto (gelandang)

5. Johan Yoga (striker)

6. Oktafianus Fernando (penyerang sayap)

7. M Syaifudin (bek Tengah)

8. Rendi Irwan (gelandang)

9. Reva Adi Utama (bek kiri)

10. Bruno Moreira (penyerang)

11. Taisei Marukawa (penyerang)

12. Arsenio Valpoort (penyerang)

2. Sosok pengganti Taisei Marukawa, Sudah Deal 1 Pemain Asing

Catat Rekor, Taisei Marukawa cetak double-double di musim perdananya di BRI Liga 1 2021
Catat Rekor, Taisei Marukawa cetak double-double di musim perdananya di BRI Liga 1 2021 (Tribunnews.com)

Agen Pemain, Aggy Eka Ressy menyebut Persebaya Surabaya sudah deal dengan satu pemain asing sosok pengganti Taisei marukawa, Selasa (5/4/2022).

Kehilangan Taisei Marukawa tentu menjadi tamparan keras bagi Persebaya Surabaya.

Pemain asal Jepang itu menjadi tulang punggung tim selama BRI Liga 1 2021 berjalan.

Dengan total 17 gol dan 10 assist, Taisei Marukawa menjadi pemain terbaik Liga Indonesia musim ini.

Taisei Marukawa yang memilih untuk hijrah ke PSIS Semarang pun membuat Bonek (sebutan pendukung Persebaya Surabaya) gusar.

Sosok pengganti Taisei Marukawa pun dibutuhkan untuk Persebaya Surabaya tetap berada di papan atas klasemen musim depan.

Agen pemain yang membawa Taisei Marukawa ke Persebaya, Aggy Eka Ressy mengungkapkan bahwa Persebaya Surabaya saat ini sudah deal dengan satu pemain asing.

“Sebenarnya sudah deal satu pemain asing, tunggu aja rilisnya dari Persebaya Surabaya. Sekarang masih proses (pemain) yang kedua, dan mungkin nanti ada lagi,” ujar Aggy Ressy seperti dilansir SURYA.co.id dari Youtube Chandra Margatama

Pria berusia 32 tahun itu bahkan tak ragu untuk menyebutkan bahwa sang pemain memiliki kualitas yang tak kalah apik dari Taisei.

“Pokoknya top pemainnya, tenang saja. Persebaya tuh selalu menciptakan bintang, dan nama Persebaya itu lebih besar dari pemain siapapun,” ungkap Aggy Ressy.

“Saya carikan yang terbaik, lebih dari yang sebelumnya. Apalagi hubungan saya dan manajemen Persebaya, dengan Coach Aji sangat baik, seperti keluarga sendiri,” cetusnya.

Untuk diketahui, Aggy Ressy mendapatkan tekanan dari fans usai kepindahan Taisei Marukawa dari Persebaya.

Ia dituding menjadi dalang atas kepindahan pemain berusia 25 tahun tersebut.

Namun Persebaya Surabaya dan Coach Aji Santoso pasang badan dan memberikan klarifikasi terkait posisi agen Aggy Eka Ressy dalam kepindahan Taisei.

Lebih lanjut, meski sudah dipastikan deal dengan satu pemain asing, namun belum ada bocoran terkait siapa pemain yang akan memperkuat Persebaya Surabaya mengarungi Liga 1 musim depan.

Kepindahan Taisei Marukawa ke PSIS

Diketahui, keputusan Taisei Marukawa gabung PSIS sampai-sampai mengabaikan tawaran perpanjangan kontrak dari Persebaya Surabaya.

Hal ini sesuai dengan penjelasan sekretaris Persebaya, Ram Surahman saat mengumumkan perpanjangan kontrak Aji Santoso pada Jumat (1/4/2022) di live Instagram Persebaya.

“Berulang kali kita tanyakan kepada Marukawa (soal kontrak baru), tetapi dia menjawab ingin fokus dan menyelesaikan Liga 1 dulu,” kata Ram Surahman.

“Seiring waktu, kita juga berkomunikasi dengan agen, jawaban agen sama dengan Marukawa.”

“Dalam perkembangannya, agen beberapa hari kemudian menjelaskan bila sudah tidak bekerja untuk Marukawa.”

“Kita menemui lagi langsung ke Marukawa, dan jawabannya masih sama. Belum ada untuk merespons tawaran dari kita.”

“Sampe hari ini, juga tidak ada angka yang ditawarkan Marukawa kepada kita atau merespons angka yang kita berikan.

“Angka untuk Marukawa memang bukan kaleng-kaleng, tapi tidak ada respons,” tambahnya.

Meski begitu, Ram Surahman tetap menerima keputusan Taisei Marukawa yang sudah dikontrak PSIS Semarang.

“Jadi ini sekadar meluruskan saja, tidak untuk berpolemik,” kata Ram.

“Toh Taisei Marukawa juga sudah tidak bersama kita.”

“Minta tolong kepada temen-temen media bahwa ceritanya seperti itu,” imbuhnya.

Artikulli paraprakResmi!! Wilujeng Sumping Rachmat Irianto dan Kambuaya
Artikulli tjetërCuti Bersama Idul Fitri 2022 Diumumkan Jokowi Hari Ini

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini