Pertemuan terakhir Arema dan Persebaya terjadi pada 1 Oktober lalu. Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ARI BOWO SUCIPTO

Surabaya, Warta21.com – Duel Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC ditunda dengan alasan keamanan. Sejumlah media asing turut memberitakan hal tersebut.
Seperti diketahui, Derby Jatim ini seharusnya akan digelar pada Minggu (5/3/2023), namun Persebaya mengajukan permintaan kepada PT LIB agar laga ini ditunda, dan mendapat lampu hijau pada Rabu (1/3).

Persebaya menilai laga ini berisiko tinggi jika digelar di Gresik. Bajul Ijo tak bisa memakai Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya karena sedang dipersiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20.

 

Baca Juga : MU Hajar West Ham, Erik ten Hag Lakukan Pergantian Jitu

“Lawan Arema FC sepertinya kami meminta laga ini ditunda saja,”ujar Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri.

“Karena gini, yang jelas kalau pertandingan ini dilakukan di wilayah dengan stadion dengan akreditasi rendah, ini berbahaya. Karena laga ini high risk jadi harus akreditasinya (stadion) yang tinggi, mungkin itu,” jelasnya.

Seperti diketahui, laga ini merupakan pertemuan kembali kedua tim selepas Tragedi Kanjuruhan di Malang yang menewaskan sedikitnya 135 orang pada 1 Oktober lalu. Tembakan gas air mata dari polisi dan pintu keluar stadion yang dikunci membuat suporter kalang kabut dan terjepit.

Baca Juga : Klasemen Liga Inggris 2022-2023 hingga Pekan Ke-25: Arsenal Kukuh di Puncak, Liverpool Dekati 5 Besar!

Peristiwa mengenaskan itu mendapat sorotan tajam dari seluruh dunia, sehingga ketika Persebaya dan Arema kembali bertemu di putaran kedua Liga 1 namun akhrirnya harus ditunda, maka kabarnya pun juga sampai ke luar negeri.

Reuters misalnya, menulis berita dengan judul “Indonesia delays ‘risky’ rematch of game hit by deadly stampede”, dan juga meminta konfirmasi Alkatiri untuk penundaan ini.

The Athletic memberi judul “Indonesian rematch of game that ended in stadium disaster postponed over ‘risks'”, sementara AFP menuliskan judul berita “Indonesian football postpones match between stadium tragedy rivals”.

Kantor berita Prancis itu juga meminta konfirmasi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto, yang menegaskan bahwa kedua tim punya sejarah rivalitas suporter yang panjang. Rekomendasi yang diberikan adalah menggelar laga ini di luar Jawa Timur.

Selain laga Persebaya vs Arema, duel Persija Jakarta vs Persib Bandung akhir pekan ini juga ditunda. Macan Kemayoran tak mendapat izin keamanan dari kepolisian untuk menggelar laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Mereka juga tak bisa menggelar pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno karena sudah lebih dulu dipersiapkan untuk menggelar konser Blackpink. Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Sumber : detik.com

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakPelajar Surabaya Dilatih Pertolongan Pertama saat Kejadian Darurat
Artikulli tjetërDeteksi Dini Penyakit Leptospirosis di Wilayah Sawah Pulo Surabaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini