Bulan Rajab identik dengan perjalanan Isra dan Miraj yang ditempuh Nabi SAW bersama Buraq. Kemudian seperti apa sebenarnya Buraq itu?

Tertarik baca berita lainya,kunjungi kami di googlenews 

Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu mukjizat terbesar dalam sejarah umat manusia.Sebelumnya, umat Islam merayakan Isra Miraj di bulan Rajab.Perjalanan itu digambarkan sangat megah dan mulia.

baca juga :

  1. Hasil Survei Terbaru Capres 2024
  2. Senyum Anies Ketika Prabowo Sebut ‘Mantan Menteri Pendidikan’
Bahkan Buraq yang merupakan alat transportasi Nabi pada masa Isra Miraj masih menjadi perdebatan hingga saat ini.
Pada dasarnya Buraq adalah binatang.

 

Buraq dikatakan sangat spesial, kecepatan geraknya tidak tertandingi. Apalagi jarak dan perjalanan yang harus ditempuh Nabi Muhammad SAW untuk memainkan Isra Miraj juga sangat jauh.

 

Menurut NU Online, Nabi Muhammad SAW saat itu menempuh perjalanan ratusan kilometer hanya dalam satu malam.Jadi apa itu Burak?
Asal usul Burak adalah kata “barq”.

 

“Barq” sendiri berarti “petir” dan berasal dari kemiripan hewan tersebut dengan petir dalam gaya berjalannya.Namun konon nama Burak juga berasal dari warna hewan tersebut yang mengkilat dan bersinar.

 

Selain itu, banyak yang percaya bahwa kulit hewan ini memiliki garis-garis putih dan hitam seperti kambing.
Namun Buraq bukanlah satu-satunya makhluk yang ditunggangi Nabi Muhammad SAW. Imam Ibnu Hajar al-Haytami meriwayatkan bahwa Nabi Ibrahim sering menggunakan Buraq untuk mengunjungi istrinya yang tinggal di Mekah.

 

Saat itu Nabi Ibrahim tinggal di wilayah Syam.Jarak menuju kota Mekkah cukup jauh. Nabi Ibrahim mengunjungi Mekah pada pagi hari. Namun, pada tengah hari dia kembali ke Suriah.

 

Inilah sebabnya mengapa banyak orang menyebut Burak sebagai hewan yang berlari lebih cepat dari kendaraan apapun.
Burak yang ditunggangi Nabi Muhammad SAW selama perjalanan ke Isra Miraj konon secara fisik berwarna putih.Ukurannya cukup besar, bahkan konon lebih besar dari keledai.

 

Hewan yang ditunggangi Nabi Muhammad SAW juga mempunyai tali kekang seperti kuda, ringan seperti lampu, dan larinya sangat cepat.Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut:
قال رسول الله أتيت بالبراق وهو دابة أبيض طويل فوق الحمار ودون البغل يضع حافره عند منتهى طرفه
Artinya: “Rasulullah bersabda: ‘Aku diberi Buraq oleh (Jibril).

 

Dia itu seekor kuda putih, lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari bigar (keledai).Dia meletakkan kukunya di ujung (tempat) dia melihatnya. (HR Muslim)
Buraq Ukurannya konon mampu mengangkut banyak penumpang. Bahkan Nabi Muhammad SAW tidak menaiki Burak sendirian saat Isra Miraj. Malam itu Nabi Muhammad SAW dalam perjalanannya ditemani oleh malaikat Jibril.

Selamat Isra Miraj!

sumber : cnbcindonesia.com

Silahkan berkomentar
Artikulli paraprakFakta Mengejutkan Hipertensi Juga Bisa Terjadi Pada Anak Anak
Artikulli tjetërPenderita Diabetes Sebaiknya Menghindari 5 Makanan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini