Warta21.com- Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista membuat kejutan usai mengalahkan Akane Yamaguchi yang berstatus peringkat pertama dunia dalam laga terakhir Grup A Piala Uber 2022.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022) itu, Bilqis Prasista menaklukan Akane Yamaguchi dua gim sekaligus dengan skor 21-19, 21-19. 

Informasi tentang dirinya pasti akan mulai dicari banyak orang. Nah, berikut profil Bilqis Prasista yang ternyata anak dari pasangan pebulu tangkis legendaris Indonesia.

Bilqis Prasista lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003. Ia merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Darah bulu tangkis ini bisa dibilang sudah mengalir dalam diri Bilqis Prasista. Ia mendapat bakat dan keinginan menjadi atlet olahraga tersebut dari kedua orang tuanya.

Joko Supriyanto sendiri adalah seorang mantan pemain pelatnas di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya, yakni menjadi juara dunia 1993 pada cabang tunggal putra. 

Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga aktif di awal 90an dan bergabung ke dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis juga ternyata mempunyai saudara kembar dengan nama yang hampir mirip, yaitu Bilqis Pratista. Keduanya sama-sama bermain bulu tangkis dan bergabung dengan klub PB Djarum pada 2018. 

Namun hingga saat ini, baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI. Bilqis bergabung dengan PBSI pada 2020. Ia mampu menyita perhatian tim pelatih PBSI usai menjuarai beberapa kompetisi bergengsi.

Kejuaraan itu meliputi, Juara Jakarta Junior International Series 2019 (U17), Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior.

Prestasi terbaru Bilqis yang juga membuatnya semakin dikenal publik khususnya para pecinta bulu tangkis yakni menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022.

Kabar terbaru, Bilqis juga menjadi bagian dari tim Indonesia yang berjuang pada Thomas dan Uber Cup 2022 di Thailand. Dalam tiga laga yang dilakoni, ia selalu berhasil menyumbang angka untuk Indonesia.

Itulah profil Bilqis Prasista, atlet bulu tangkis peringkat 300 yang berhasil kalahkan pemain rangking 1 dunia di Uber Cup 2022.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Thomas: Indonesia Tantang China!

sumber: suara.com

Artikulli paraprakDinilai berperan besar dalam upaya perdamaian di Semenanjung Korea, Megawati Terima Gelar Kehormatan
Artikulli tjetërToyota Rush GR Sport Punya Fitur yang Cerewet Banget…

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini