Jakarta, Warta21.com – YouTuber Reza Arap mengungkapkan detail pemakaian Rp1 miliar, uang saweran dari Doni Salmanan. Reza mengaku uang tersebut telah dipakai untuk berbagai keperluan, seperti membayar karyawan.

Tak hanya itu, uang saweran dari Doni Salmanan sebagian besar dihabiskan untuk top-up salah satu game online yang saat itu ia gandrungi.

“Gue pakai dong, sudah delapan bulan pak, gue pakai buat top-up game, gue pakai, ya banyak lah, kebutuhan rumah, karyawan, hiburan, sisanya dikit,” kata Reza Arap di channel YouTube Deddy Corbuzier pada Rabu (6/4).

Reza Arab On Podcast Close The Door (7/4) [Youtube]

“Ya akhirnya sama saja, seperti gue top-up pakai uang sendiri,” imbuhnya.

YouTuber sekaligus musisi kelahiran 1987 ini mengatakan biaya top-up gim tersebut lumayan besar. Alhasil, uang saweran dari Doni Salmanan berkurang drastis.

Reza tidak menyangka uang tersebut harus diserahkan kepada polisi setelah Doni Salmanan menjadi tersangka kasus dugaan penipuan investasi opsi biner alias binary option.

Hal tersebut, kata Reza Arap, membuatnya harus membobol uang tabungan pribadi untuk mengganti uang yang diterima dari Doni Salmanan.

Ia bahkan mengaku stres dan mengalami penurunan berat badan hingga tujuh kilogram.

“Ya, kan bagaimana ya, maksudnya kan awalnya kan dari banyak orang [bilang] ‘enggak harus dibalikin, enggak harus dibalikin’, masih kasih harapan-harapan begitu lho,” kata Reza.

“Dapat harapan-harapan dari kanan, kiri, depan, belakang, jadi ada harapan, ‘oh ini uang saya’,” imbuhnya.

Kendati demikian, Reza mengaku sudah rela dan menganggap bahwa itu memang bukan uangnya. Ia juga telah menganggap peristiwa itu sebagai pelajaran. Reza bahkan telah menutup fitur donasi di live streaming.

“Gue sudah matiin [fitur] donasi kalau lagi live streaming, serius,” kata Reza.

Perjuangan Reza Arap Meraih Kesuksesan di Industri Musik hingga Lepas Image  Gamer Halaman all - Kompas.com

Reza mengakui bahwa donasi di layanan streaming bukan sumber utama pendapatan. Ia masih memiliki sumber penghasilan lain.
“Di luar dari musik, kalau misalnya aku lagi enggak manggung atau apa, gue live streaming, itu cuma buat mengisi waktu aja sebenarnya. Jadi, aku enggak niat cari duit di situ. Kalau mendatangkan banyak uang, itu benar,” kata Reza.

“Sekarang karena kejadian ini gue males kalau misal ke depannya ada kejadian kayak gini lagi, jadi gua matiin dulu [fitur] donasi, dan gue belum tentukan sampai kapan, mungkin selamanya, gue enggak tahu,” kata Reza.

Selain itu, Reza kini memilih hidup tenang. Ia juga bersyukur karena memiliki orang-orang yang selalu mendukungnya, salah satunya sang istri.

CNNIndonesia.com sudah meminta izin kepada Reza Arap dan Doddy Corbuzier untuk mengutip unggahan tersebut. 

Sebelumnya, Reza Arap pernah disawer Doni Salmanan sebesar Rp1 miliar. Dia disawer saat melakukan siaran langsung (live streaming) pada Juli 2021 oleh Doni.

Reza Arap sempat meminta Doni menyetop saweran. Ia lalu melakukan panggilan telepon video ke Doni dan bertanya apakah mau uang itu dikembalikan. Namun, Doni mengatakan dirinya ikhlas memberikan donasi.

Uang saweran itu kemudian membuat Reza Arap terseret kasus Doni Salmanan. Ia dimintai keterangan pada Kamis (17/3). Dia pun dicecar penyidik sekitar 6,5 jam.

Beberapa hari kemudian, Reza Arap menyerahkan uang yang diterima dari tersangka kasus dugaan penipuan investasi Doni Salmanan ke Bareskrim Polri sebanyak Rp950 juta pada Senin (28/3).

Sebenarnya, Doni Salmanan memberikan Rp1 miliar. Namun, karena ada potongan dari platform penyedia jasa himpunan sumbangan bernama Social Buzz, uang yang diterima Reza Arap jadi Rp950 juta.

“Rp950 juta, dari platform social buzz dipotong 5 persen. Jadi murni Reza Arap terima 950,” jelas dia.

Artikulli paraprakLakers Tidak Lolos Play-Off NBA, Ada Apa Dengan Lakers?
Artikulli tjetërPulau Bali Menyediakan Destinasi Terbaru? AYO NGETRIP…

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini