Presiden Jokowi Turun Tangan Atasi Konflik JHT, Ini Instruksinya
Detik.com

Warta21.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merayu para talenta digital asal Indonesia yang berada di luar negeri agar pulang ke Tanah Air.

Jokowi tidak ingin Indonesia hanya menjadi pasar dengan potensi ekonomi digital yang sangat besar. Saat meresmikan Sea Labs Indonesia, Jokowi sempat berbincang dengan sejumlah talenta digital Indonesia di luar negeri.

Lewat video, Jokowi berbincang dengan Ainun Najib selaku Head of Analytics Platform and Regional Business Grab di Singapura, Veni Johanna selaku Director of Engineering Asana di Amerika Serikat, Chairuni Aulia Nusapati selaku Software Engineer Google di UK, dan Rangga Garmastewira selaku Technology Lead SeoMoney di Singapura.

Khusus Ainun Najib, Jokowi telah menyinggung namanya dalam kegiatan PBNU beberapa waktu lalu. Jokowi juga mengaku sudah lama mengenal Ainun Najib.

“Mas Ainun Najib, ini saya sudah kenal lama,” ujar Jokowi mengawali perbincangannya dengan Ainun Najib seperti disiarkan secara virtual, Selasa (1/3/2022).

“Turut berdukacita, Pak, atas wafatnya Pakde Miyono,” timpal Ainun Najib.

Jokowi pun melemparkan pertanyaan kepada Ainun Najib. Jokowi ingin membujuk para talenta digital Indonesia kembali ke Tanah Air.

“Saya mau tanya gimana, sih, agar Chai, Veni, Rangga, termasuk Ainun juga mau pulang ke Indonesia?” tanya Jokowi.

Ainun mengungkap ada dua hal yang perlu diperhatikan. Menurut Ainun, kunci pertama adalah opportunity atau kesempatan.

“Kuncinya dua mawon, Pak, opportunity dan stability. Opportunity ini tentu Indonesia punya banyak sekali opportunity sebagai satu dari pemain besar di market terbesar ketiga di dunia, Southeast Asia,” jawab Ainun.

Kunci kedua, sambung Ainun, adalah stabilitas. Ainun juga menyinggung soal putra Presiden Jokowi yang sekolah di Singapura.

“Nah stability ini mungkin yang agak tricky. Ada yang mungkin karena pertimbangan keluarga, ada yang pertimbangan stabilitas karir terus kalau saya pribadi pendidikan anak-anak, nggak mau kalah dengan putra-putra jenengan Pak sekolah di Singapura. Jadi stability itu mungkin masih perlu diperbaiki,” imbuh Ainun.

Sampai Jokowi Minta PBNU 'Bajak', Siapa Sebenarnya Ainun Najib?
Foto from laman Detik.com

Peran Diaspora Indonesia

Dalam kesempatan itu, Ainun Najib membeberkan peran diaspora untuk Indonesia, dari menjadi inspirasi hingga melakukan eksekusi gagasan. Dia mengatakan para diaspora selalu cinta Tanah Air.

“Menurut saya ada tiga perannya, yang pertama itu inspirasi atau referensi. Jadi menjadi benchmark buat teman-teman yang ada di Indonesia, terutama yang lebih muda. Yang kedua advokasi, jadi bisa memberikan advice dari jauh untuk teman-teman yang di Indonesia,” beber Ainun.

“Yang ketiga eksekusi, eksekusi pun bisa dari jauh,. Pak. Dan kami sering melakukannya inisiatif-inisiatif yang dilakukan bersama-bersama oleh temen-temen diaspora. Misalnya kawal-kawalan itu juga kan sebetulnya semuanya anak diaspora yang cinta Tanah Air, walau fisiknya tidak bisa kembali tapi hatinya selalu bersama Indonesia,” sambung dia.

Jokowi Minta Para Talenta Digital Pulang
Setelah mendengarkan pernyataan Ainun Najib itu, Jokowi mengungkap soal potensi digital Indonesia yang sangat besar. Karena itu, dia meminta semua talenta digital asal Indonesia yang berada di luar negeri pulang ke Tanah Air.

“Potensi-potensi digital Indonesia di 2030 diperkirakan mencapai Rp 4.531 triliun. Kan gede sekali ini dan perkiraan hitung-hitungan itu saya rasa tidak meleset jauh-jauhlah. Jadi harapan saya, pulang semua sajalah, pulang. Di sini kan juga sudah banyak sekarang, ada opportunity, perusahaan-perusahaan gede di sini ada semuanya,” kata Jokowi.

Perihal potensi digital Indonesia ini kembali ditegaskan Jokowi saat menyampaikan sambutan. Dengan potensi besar di sektor ekonomi digital itu, Jokowi tidak ingin Indonesia menjadi pasar saja.

“Yang saya tidak ingin adalah Indonesia hanya menjadi pasar saja, Indonesia juga harus menjadi pemain. Oleh sebab itu, ekosistem yang kondusif harus kita bangun bersama-sama dan digital talent yang kita miliki yang ada di luar memang harus kita undang untuk kembali ke Tanah Air,” ujar Jokowi.

“Digital talent, baik di bidang AI, cloud computing, di digital design, digital marketing di blockchain, saya kira banyak ya anak-anak kita yang ada di luar yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik lagi,” sambung Jokowi.

Jokowi juga berharap perkembangan ekonomi digital ini bisa memicu pemasaran produk-produk UMKM. Ekonomi juga diharapkan dapat terus tumbuh dengan merata dan berkeadilan.

Artikulli paraprakSempat Beri Mobil, Dinar Candy Putus dari Ridho Illahi?
Artikulli tjetërJelang Hari Raya Nyepi, Pengunjung Serbu Perbelanjaan

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini